Lompat ke konten

5 Rekomendasi Film di Netflix Ini Akan Menghangatkan Hatimu

5 rekomendasi film heartwarming di netflix

5 rekomendasi film heartwarming di netflix

Memasuki akhir pekan dan waktunya rehat. Setelah pekan-pekan yang sibuk, saya ingin menjadikan akhir pekan ini sebagai waktu bersantai. Beberapa kegiatan sudah saya siapkan untuk menghabiskan waktu Sabtu dan Ahad di luar rumah. Sayangnya, omicron menyerang. Awalnya varian covid setelah delta ini hanya menyerang sebagian kecil orang saja di Indonesia, korban jiwa pun masih sangat minor.

Perkembangan terkini ternyata mengkhawatirkan karena kini ribuan sudah tercatat positif covid. Hal ini memaksa saya untuk berdiam dulu di rumah. Kebiasaan saya yang suka mencatat daftar film yang recommended dari berbagai genre ternyata membantu di saat seperti ini. Saya membongkar catatan dan memutuskan untuk menonton rekomendasi film heartwarming yang bisa ditonton di Netflix.

Beberapa film dalam daftar sudah pernah saya tonton, tetapi karena saya mengingat kesan bagus dari ceritanya, saya tidak keberatan untuk menontonnya ulang.

Film yang ada di daftar tidak melulu drama dan buatan Hollywood. Beberapa juga sudah dirilis sejak bertahun lalu, bukan film yang baru tayang. Saya juga tidak akan mengurutkannya dengan angka, karena tulisan ini tidak dimaksudkan untuk membandingkan kualitas film.

Ditemani secangkir kopi atau teh hangat, camilan, dan dingin hujan Februari yang ramai, film-film berikut akan mengisi hatimu dengan kesan yang menghangatkan.

Rekomendasi Film Heartwarming di Netflix

Spirited Away

spirited away movie poster

spirited away movie poster

Sutradara dan penulis skenario: Hayao Mizaki

Tahun rilis: 2001

Penghargaan: Oscar (Academy Awards)

Spirited away adalah anime atau film kartun dari Jepang. Film ini mengisahkan Chihiro, gadis berusia 10 tahun yang harus berpindah tempat tinggal karena mengikuti orang tuanya. Dalam perjalanannya, mereka melewati sebuah hutan yang akan membawa mereka ke dalam suatu taman ria yang nampak terbengkalai.

Mungkin karena lapar akibat perjalanan, ayah dan ibu Chihiro langsung melahap makanan di kedai dalam taman ria tersebut. Chihiro yang merasa gelisah dengan tempat asing ini, pergi berjalan sebentar meninggalkan orang tuanya di kedai.

Ketika hari sudah semakin gelap, Chihiro kembali ke kedai dan mendapati kedua orang tuanya berubah menjadi babi! Cerita pun dimulai.

Film ini sebenarnya ditujukan untuk penonton usia anak, tapi nilai yang ditawarkan menjangkau sampai orang dewasa. Pesan yang saya tangkap dari film ini, bahwa mungkin ada sisi baik dari suatu hal buruk yang selama ini diasumsikan masyarakat. Yang kedua, bahwa sifat tamak, rakus, serakah, adalah hal yang paling merusak dan sayangnya sudah tertanam di tiap diri kita.

Buat yang jarang atau belum pernah nonton anime/kartun Jepang, coba deh nonton ini. Kamu akan menonton sesuatu yang bukan sekadar anime.

The Blind Side

the blinded side movie poster

the blinded side movie poster

Sutradara dan penulis skenario: John Lee Hancock

Pemeran utama: Sandra Bullock

Tahun rilis: 2009

Penghargaan: Golden Globe dan Academy Awards

Awalnya saya mengira film ini adalah film olahraga biasa. Saya mencari film yang se-genre dengan Money Ball lalu menemukan film ini. The Blind Slide lebih dari film olahraga, dan terinspirasi dari kehidupan nyata.

Menceritakan Michael Oher, seorang Black American, yang terlahir dari seorang ibu pecandu narkoba dan tumbuh dengan ketidakjelasan sosok ayah. Tipikal keluarga miskin dengan hidup yang keras di AS.

Karena kekuatan fisik yang digunakannya untuk bermain American Football, dia ditawari beasiswa SMA. Bakat ini juga menarik minat keluarga Tuohy, sebuah keluarga kulit putih, konservatif menengah atas khas AS. Leigh Anne, ibu keluarga ini ingim mengadopsi Oher sebagai anak, dan mengajaknya masuk menjadi bagian dari keluarga mereka.

Bayangkan menjadi anak berkulit hitam di AS, punya ibu pecandu, tidak punya ayah, sanak saudara yang tidak mendukung, dan miskin. Rasanya akan sulit untuk bisa naik dan mentas ke kehidupan yang lebih baik. Boro-boro mau berusaha untuk memperbaiki hidup, dipercaya orang—dalam hal ini kulit putih yang rata-rata kelas sosialnya lebih baik—pun sulit.

Film ini menceritakan perjuangan kedua pihak: Oher dari kulit hitam, dan keluarga Tuohy dari kulit putih. Oher bisa berkomitmen dan tidak taken for granted dengan kebaikan keluarga Tuohy. Keluarga Tuohy, mulai dari ayah, ibu, putri pertama, dan putra bungsu, juga berani mengambil risiko dan berkomitmen kepada Oher. Sebuah keluarga yang sangat baik menurut saya. Mungkin salah satu American Dream’s adalah memiliki keluarga seperti mereka, hehe.

Ada satu adegan ketika Oher pertama kali dibawa ke rumah oleh Leigh Anne, dan ditunjukkan ruangan yang akan menjadi kamarnya di rumah mereka. Jawaban Oher membuat saya berkata dalam hati “Ya Allah” dengan tone sedih terharu. Ternyata hal itu juga dialami Leigh Anne yang sok kuat ketika masih berada di kamar, tetapi langsung menangis curhat ke suaminya begitu keluar kamar.

Sebuah film keluarga-olahraga yang layak tonton!

Extraction

extraction movie poster

extraction movie poster

Sutradara: Sam Hargrave

Penulis skenario: Ande Parks dan Joe & Anthony Russo

Pemeran utama: Chris Hemsworth

Tahun rilis: 2020

Film ini adalah original Netflix yang berarti hanya ditayangkan pada platform Netflix. Menceritakan aksi Tyler Rake, mantan anggota pasukan khusus Australia yang berakhir menjadi tentara bayaran. Karakter Tyler yang sangat skillful namun terlihat ruwet emosinya dalam setiap adegan awal membuat film ini lebih menarik.

Cerita bermula saat dia mendapatkan order kerjaan yang cukup berbahaya. Tugasnya adalah harus membebaskan anak seorang mafia narkoba India dari penculikan pesaingnya di Dhaka, Bangladesh. Misinya menyelamatkan anak itu berhasil. Ketika uang imbalan yang dijadikan iming-iming harusnya didapatkan, dia malah mendapati situasi sulit, yang akan mengubah drastis hidupnya dari sekadar beraksi untuk uang, menjadi sesuatu yang lain yang terkait dengan luka masa lalunya.

Selain aktingnya di serial Thor dan Avenger’s, saya agak kesulitan menemukan film Chris Hemsworth yang bagus. Mungkin aktingnya di film horor Cabin in the Woods bisa dianggap bagus karena cukup banyak pujian buat filmnya, tetapi film itu bukan selera saya. Di Extraction, saya melihat Chris kembali ke habitatnya yang sesuai, film aksi.

Pesan yang saya tangkap dari film ini adalah kedukaan dari masa lalu yang menghantui sang tokoh utama, di mana uang dan pengakuan tidak bisa mengobatinya. Penebusan bisa didapatkan dari setitik nurani yang muncul dari perbuatan yang sebelumnya diniatkan demi mendapatkan materi semata.

Kalian akan mendapatkan jawaban dari usaha penebusan Tyler di akhir cerita, apakah akan membuatnya menemukan damai atau menyesal karena merasa usahanya ini tidak sepadan. Yang jelas, saya tersenyum beberapa detik saat adegan itu, karena sudah mendapatkan jawabannya.   

3 Idiots

3 idiots movie poster

3 idiots movie poster

Sutradara: Rajkumar Hirani

Penulis skenario: Abhijat Joshi dan Rajkumar Hirani

Pemeran utama: Aamir Khan

Tahun rilis: 2009

Penghargaan: India National Film Awards

Karena masyarakat Indonesia sudah tidak asing dengan film-film Bollywood, saya anggap beberapa dari kalian sudah menonton film ini. Saya rasa jarang yang menolak, bahkan bagi yang tidak suka film India, bahwa film ini punya reputasi yang bagus.

Film ini menceritakan Rancho, seorang mahasiswa baru di institut teknologi paling prestisius di India. Karakternya aneh, pemberontak, namun periang. Nanti bersama kedua sahabatnya, Farhan dan Chatur, mereka akan menjalani dinamika kehidupan kuliah yang seru sekaligus sulit, persinggungan dengan kehidupan keluarga, impian asli mereka, dan kehidupan setelah dewasa.

Saya menikmati mulai dari lagu tema film ini, mantra “All is Well”, joget khas film India yang terlihat sangat kocak di film ini, sampai adegan haru-harunya.

Dalam hidup, kebahagiaan bisa datang dari pencapaian atau kesuksesan yang diukur dari banyaknya materi—terutama jika berasal dari latar belakang hidup yang sulit—namun juga bisa berasal dari seberapa besar manfaat yang bisa kita bagikan kepada sesama, atau pada rasa di hatimu sendiri.

Apakah dirimu sendiri senang menjalaninya? Di luar pertimbangan apakah pilihan yang kita ambil akan mendatangkan banyak materi atau memberi manfaat pada orang lain. Pada dirimu sendiri dulu, apakah kamu bahagia?

Tonton film ini untuk menentukan pilihannya.

Laskar Pelangi

poster film laskar pelangi

poster film laskar pelangi

Sutradara: Riri Riza

Penulis skenario: Salman Aristo, Mira Lesmana, dan Riri Riza

Pemeran: Cut Mini, Ikranagara, Tora Sudiro, dsb.

Tahun rilis: 2008

Penghargaan: Festival Film Indonesia, SIGNIS Award (Hongkong), dan Golden Butterfly Award (Iran).

Menurut saya Laskar Pelangi adalah film keluarga pertama di Indonesia—selain Petualangan Sherina—yang sukses di industri film Indonesia. Film ini sukses dan jadi milestone industri sejak era reformasi. Bagaimana mungkin film yang bukan horor maupun cinta-cintaan bisa meraih angka penonton yang sedemikian besar pada waktu itu, menjadi bukti bahwa cerita film ini diterima masyarakat kita dengan sangat baik.

Diadaptasi dari novel berjudul sama yang sangat laris, sutradara dan penulis skenarionya juga berhasil menafsirkan cerita untuk film dengan sangat baik. Film ini dapat memotret getirnya kemiskinan dan ketimpangan sosial masyarakat di daerah, dan keriangan anak-anak dibalik susahnya hidup.

Mengisahkan tegarnya para guru tak layak upah, yang sebenarnya sudah kesulitan dengan hidupnya sendiri namun harus tetap berdiri menjaga para muridnya, dan yang lebih penting: menjaga impian mereka.

Saya sudah menonton dan membaca Laskar Pelangi beberapa kali, dan saya masih memasukkannya dalam daftar tonton film saya. Semoga ini cukup menjadi pengganti—yang tidak saya tuliskan—narasi kisah atau pesan moral yang akan kamu dapatkan kalau menonton film ini.

Just watch it! It’s worth it!

4 tanggapan pada “5 Rekomendasi Film di Netflix Ini Akan Menghangatkan Hatimu”

  1. Pingback: Once Upon a Time in China: Kisah Perjuangan Wong Fei Hung

  2. Pingback: 5 Pilihan Film Disney+ Hotstar Terbaru Bulan Maret 2022

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.