Menikmati Hal-Hal Kecil dalam Hidup itu bukan Hal Sepele

enjoy the little things in life

enjoy the little things in life

Enjoy the little things in life

Saya sudah sering membaca atau mendengar kalimat itu. Tetapi kali ini saat saya menontonnya secara tidak sengaja dari salah satu akun Instagram, saya merasa jadi lebih bisa memahami maknanya. Memang pesan yang dikemas dalam audio-visual itu akan terlihat lebih menarik ya.

Konten video ini berbentuk tanya-jawab singkat dalam bahasa Inggris antara si pemilik akun kepada seorang aktor film.

Video dibuka dengan pertanyaan:

“Apakah kamu bahagia?”

Dijawab, “seringnya sih merasa bahagia”.

“Apa yang membuatmu bahagia?”

Karena alasan bahagia tiap orang berbeda-beda, saya masih merasa biasa saja dengan jawaban si aktor.

Enjoy the little things

Lalu dilanjutkan dengan pertanyaan.

“Apa pesan yang akan kamu sampaikan kepada orang yang sedang kesulitan untuk merasa bahagia?”

Jawabannya jika dibahasa Indonesiakan kira-kira jadi begini:

“Jangan terlalu pusing mikirin itu. Hidup itu kayak roda aja, kadang kamu di atas, kadang di bawah. Dan saya menyarankan kamu untuk benar-benar menghadapi kegagalan. Karena saat kamu gagal, lalu kamu bisa bangkit lagi. Rasanya itu sangat membahagiakan.”

Setelah itu dia menambahkan:

And enjoy the little things in life”.

Kalimat terakhir ini yang menohok saya. Dengan konteks yang tepat, ternyata akan membuat kalimat yang terdengar klasik lebih menebal maknanya.

Lah iya juga ya. Saya selama ini terlalu mikirin yang “besar” saja. Bagian kerja keras, menghadapi kegagalan, lalu berusaha untuk bangkit kembali. Mengejar rasa puas kalau akhirnya bisa impas. Impas karena kita berhasil menutup satu kegagalan sebelumnya dengan satu kesuksesan setelahnya.

Tetapi mikirin yang “besar” melulu, ternyata membuat saya capek. Capek secara mental mungkin. Maka kalimat enjoy the little things in life menemukan maknanya di hati saya pada momen itu.

Kenapa menikmati hal-hal kecil dalam hidup itu penting?

Saya baru merasa kalau nemu nih maknanya. Saya paham maksudnya. Saat ini saya merasakan itu. Saya sedang menikmati hal-hal kecil. Saya menikmati tempat saya berada sekarang. Saya menikmati aktivitas saya yang sedang menulis tulisan ini.

Saya menikmati sinar matahari yang lolos dari tirai jendela yang terbuka sebagian. Saya menikmati ambience musik yang sedang diputar. Saya menikmati bau udara yang saat ini saya hirup. Saya menikmati keberadaan orang-orang di sekitar saya saat ini.

Dan saya merasa senang.

Tetapi, kok bisa ya?

Saya segera berselancar di internet untuk mencari tahu. Apa pentingnya enjoy the little things?

Saya membaca beberapa referensi. Kesimpulan saya begini. Kita harus menikmati hal-hal kecil, karena mereka adalah bagian dari kehidupan juga. Sering kali kita hanya melihat hal-hal besar saja dalam hidup.

Risiko besar, masalah besar, kerugian besar, keuntungan besar, kesenangan besar, dan besar-besar yang lain. Lupa kalau hidup tidak melulu itu saja isinya. Ada hal-hal kecil yang kalau kita perhatikan akan terasa lucu, manis, menyenangkan, dan membuat kita bersyukur karena mengalaminya.

Dengan menikmati hal-hal kecil dalam hidup, akan membuat kita lebih fokus kepada kehidupan kita sendiri. Tidak akan ada waktu untuk kepo dengan kehidupan orang lain. Jadi kemungkinan kamu akan overthinking bisa diminimalkan. Jujur saja deh, penyebab kamu overthinking salah satunya karena membandingkan dirimu dengan orang lain kan? Hehe.

Jika kita mengalami masalah “yang kerasa banget”, kita akan merasa tenang saat menyadari kalau hidup kita itu isinya bukan cuma masalah itu saja. Banyak hal-hal lain yang juga menyenangkan di hidup kita.

Karena akan membuat jejak bahagianya terasa lebih lama

Menghargai hal-hal kecil dalam hidup artinya kita bisa memfokuskan perhatian kita hanya kepada apa yang membentuk dan menjaga diri kita dalam kehidupan.

Menurut studi, kemampuan menikmati dan menghargai hal-hal kecil lebih banyak berkontribusi pada rasa bahagia yang terasa jejaknya untuk waktu yang lama, daripada harus menunggu “momen besar” yang datangnya lebih jarang dalam hidup kita.

Kita juga tidak akan terlalu khawatir lagi dengan pikiran tentang hal-hal buruk yang mungkin bisa terjadi. Jika hal buruk itu terjadi, ya sudah. Hal buruk bagian dari hidup. Tetapi hidup tidak hanya berisi hal buruk saja. Cari sisi lain kehidupan kita, sadari apapun yang masih bisa dinikmati saat itu. Coba lihat sisi positifnya.

Menghargai hal-hal kecil juga akan melatih otot syukur kita. Rasa syukur ini yang akan membawa kita kepada kemampuan merasa cukup.

Harapannya, menjaga keseimbangan emosi kita, dengan usaha merasakan kesenangan dari hal kecil, menggiatkan bersyukur, lalu merasa cukup dengan yang kita miliki, akan berdampak baik pada kesehatan fisik kita. Jangka panjangnya, jiwa kita bahagia dan fisik kita terjaga kesehatannya

Nah, bagusnya kita pilih yang rasanya akan lebih mungkin bertahan lama atau sesaat saja nih? Hehe.

Mulai dari sini, kita belajar enjoying the little things sama-sama ya!

9 tanggapan pada “Menikmati Hal-Hal Kecil dalam Hidup itu bukan Hal Sepele”

  1. Bahagia tuh emang sesederhana menikmati hidup. Manusia aja yang bikin standar bahagia tuh tinggi. Apalagi sejak media sosial jadi ajang curcol wkk
    Jadi hal kecil yang sebenarnya bisa jadi alasan bersyukur langsung hilang dengan membandingkan hidup dengan orang lain.

  2. Nah ini, dalem banget isinya. Betul kak, hal kecil dalam hidup, akan membuat kita lebih bergairah bila dimaknai lebih dalam dibarengi dengan rasa syukur. Karena justru hal-hal besar yang kita idam-idamkan di depan, sejatinya adalah ribuan langkah kecil yang kita lalui sepanjang hari.

  3. Pingback: 7 Tanda bahwa Kita Membutuhkan Mindfulness dalam Hidup

  4. Mungkin, enjoy the little things adalah salah satu upaya untuk melatih kita menyadari setiap hal yang ada di sekitar. katanya sih dengan menyadari hal di sekitar kita, itu bisa bikin kita lebih aware dan berhati-hati juga ketika bersikap sehingga seharusnya sih bisa menjaga kita dari sifat overthinking yaa 😀

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.