5 Manfaat Penting Mindfulness untuk Pengembangan Dirimu

manfaat mindfulness untuk pengembangan diri

Kalau kamu merasa pengen banget mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri, tetapi seperti selalu kehabisan motivasi dan produktivitas di tengah prosesnya, kamu bisa coba memulainya dengan mindfulness.

Selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan pikiran, ternyata mindfulness juga memiliki manfaat untuk membantu kita dalam usaha meningkatkan kualitas diri.

Bagaimana caranya?

Buat kamu yang tertarik pada topik self development, self improvement, atau self growth, silakan simak tulisan manfaat penting mindfulness untuk pengembangan diri ini, ya!

Beberapa Istilah dari Pengembangan Diri

Kita mengenal beberapa istilah untuk menyebut usaha mengembangkan dan meningkatkan kualitas diri, seperti self development, self improvement, atau self growth. Ketiga istilah ini sering dipakai bergantian.

Berdasarkan referensi saya, saya mengartikan perbedaan dari self development, self improvement, dan self growth sebagai berikut:

Self Development

Self development artinya proses membangun sekaligus mengembangkan (kualitas) diri. Kualitas di sini termasuk kepribadian, ilmu pengetahuan, keterampilan, keahlian, kesehatan, kemakmuran, dan kebahagiaan. Baik kualitas yang sebelumnya sudah kita miliki, maupun kualitas baru yang ingin kita miliki.

Self Improvement

Self improvement artinya peningkatan atau perbaikan dari suatu kualitas yang sudah ada pada diri kita. Tujuannya sudah spesifik pada kualitas tertentu yang ingin diperbaiki atau lebih ditingkatkan lagi.

Self Growth

Sedangkan self growth adalah proses pertumbuhan kualitas diri secara terus menerus dan berkesinambungan. proses ini menekankan pentingnya memiliki growth mindset.

Saya memilih istilah self development atau pengembangan diri karena artinya sudah mencakup 2 istilah lainnya.

Keinginan Manusia untuk Mengembangkan Diri

Saat ini kita hidup dalam dunia yang jumlah penduduknya semakin bertambah, kesempatan untuk bersekolah membaik, namun kesempatan untuk mencari uang semakin sulit.

Hal tersebut menimbulkan iklim kompetisi yang bukan saja semakin ketat, tetapi juga kebutuhan berubahnya semakin cepat. Yang dimaksud berubah di sini tentu saja kemampuan softskill dan hardskill kita.

Untuk menghadapi kebutuhan itulah, manusia senantiasa berusaha untuk meningkatkan kemampuan dirinya.

Peran Mindfulness dalam Pengembangan Diri

Mindfulness adalah praktik yang mendorong kita untuk mengubah perspektif dan fokus hanya pada pikiran yang baik.

Dengan begitu, praktik mindfulness akan memberi kita “jeda bernapas” di tengah belitan persaingan, agar kita belajar menerima keadaan apa adanya dan memproses segala yang menimpa kita. Menolak pengobatan “motivasi” yang sesaat dan terkesan hanya menambal realitas.

Kemampuan menerima realita itulah yang menjadi hal penting untuk menjaga keseimbangan mental kita.  

Sehingga, ketika kesehatan mental sudah terjaga, proses pengembangan diri kita akan lebih mudah dilakukan.

Manfaat Mindfulness untuk Pengembangan Diri

1. Fokus yang Terlatih

Karena mindfulness adalah upaya untuk sadar-penuh dan sadar-kini dalam aktivitas kita, pikiran akan dilatih untuk dapat sadar secara utuh dan menyadari hidup di masa kini atau sekarang, bukan di masa awang-awang. Maksudnya, fokus pikiran dalam beraktivitas ada pada masa saat ini, masa sekarang, bukan pada masa lalu yang tidak bisa diubah, atau masa depan yang belum tentu terjadi.

Sehingga, kemampuan mengarahkan fokus diri meningkat.

Kemampuan fokus yang baik akan membantu kita memulai dan memandu jalan hingga sampai pada tujuan pengembangan diri yang kita inginkan.

2. Self-Esteem yang Baik

Self-esteem adalah penilaian seseorang akan kualitas dirinya.

Mindfulness akan memudahkan kita untuk menerima dan mengapresiasi diri. Akibatnya, self-esteem kita dapat meningkat dan terjaga.

Self-Esteem yang baik akan menghindarkan kita dari imposter syndrom, yaitu kondisi psikologis yang membuat seseorang merasa tidak pantas untuk sukses.

3. Lebih Mengenali Diri

Meditasi merupakan salah satu metode mindfulness, yang dapat membantu kita untuk mengenali diri dengan lebih dalam.

Meditasi akan memudahkan proses menemukan dan memahami diri, membuat kita mengerti hal apa yang benar-benar penting dan kita butuhkan dalam hidup.

4. Membentuk Mental Tahan Banting

Mindfulness membuat kita dapat memproses dan mengatasi pikiran dan perasaan negatif dengan lebih baik.

Dengan kemampuan tersebut, kita dapat menghadapi stres, cemas, atau kesedihan yang muncul dari rintangan, tantangan, dan kegagalan dalam perjalanan pengembangan diri kita.

5. Membantu Menjaga Kesehatan

Mindfulness bermanfaat untuk mengatasi stres, mengurangi kelelahan, dan memperbaiki kualitas tidur. Manfaat tersebut dapat membantu menjaga kesehatan jantung, tekanan darah, dan kadar gula dalam tubuh.

Dengan kesehatan yang terjaga, kita dapat lebih leluasa mengelola energi untuk meraih tujuan pengembangan diri.

 

Jadi, jangan ragu lagi ya dengan manfaat menerapkan mindfulness. Karena salah satu manfaatnya adalah dampak positif pada pengembangan dirimu. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.